Jangan Mencuci Mobil Sebelum Membaca Tips Ini

Jangan-Mencuci-Mobil-Sebelum-Membaca-Tips-IniMelihat mobil penuh dengan kotoran tentu akan membuat tidak sedap dipandang, sehingga mau tidak mau harus sering-sering mencuci mobil. Apalagi sekarang ini yang akan memasuki musim kemarau, dimana akan banyak debu yang suka sekali menempel di bodi mobil.
Cat yang banyak debunya akan terlihat tidak mengkilat, dan kesannya mobil yang kita gunakan seperti tidak terawat. Mencuci mobil di tempat cucian mobil memang lebih praktis dan cepat, apalagi tidak perlu repot-repot dan basah-basahan. Tetapi sebenarnya ada sensasi tersendiri ketika mencuci mobil sendiri di rumah, selain lebih puas dan bersih juga lebih menghemat pengeluaran.
Sebelum anda mencuci mobil, perhatikan dulu tips-tips mencuci mobil agar bersih maksimal.
Tips Mencuci Mobil
1. Tutup semua jendela dan pintu mobil sampai rapat
Ini perlu dilakukan agar air tidak masuk kedalam kabin mobil, tentunya apabila air ini masuk akan membuat bagian dalam mobil menjadi basah. Ingat harus rapat, jangan sampai ada celah bagi air untuk masuk ke dalam mobil.
2. Sebelum di-shampo semprotkan air bertekanan ke mobil
Sebelum membersihkan dengan shampo mobil, terlebih dahulu harus disiram dengan air yang bertekanan atau aliran deras supaya kotoran dan debu yang menempel pada cat/bodi mobil dapat hilang. Bila langsung dilap maka dapat berisiko timbulnya goresan. Tentunya anda tidak mau cat mobil anda tergores hanya gara-gara masalah yang sepele.
3. Gunakan air yang bersih
Dalam mencuci mobil usahakan menggunakan air yang benar-benar bersih agar tidak menimbulkan goresan pada cat ketika digosok-gosok. Selain bersih gunakan juga air yang tidak banyak mengandung garam, air yang mengandung garam tinggi seperti air laut akan menyebapkan korosi pada bodi mobil. Selain itu juga tentunya anda tidak mau bukan usaha mencuci mobil anda sia-sia, karena bila menggunakan air kotor mobil anda akan tetap kotor.
3. Gunakan shampo khusus cuci mobil dan lap yang lembut
Ada sebagian pemilik mobil yang mencuci mobilnya dengan asal sabun, yang penting bisa berbusa. Tanggapan ini memang tidak salah tetapi yang perlu diketahui bahwa ada sebagian sabun yang dapat merusak pelindung cat. Maka dari itu lebih baik gunakan shampo yang khusus untuk mencuci mobil, pasti hasilnya akan lebih bersih dan baik. Shampo khusus cuci mobil dibuat dengan formula tertentu yang memberikan perlindungan kepada cat dan menghindari cat dari bercak-bercak. Selain shampo, lap yang digunakan juga harus yang lembut, jangan yang kasar karena dapat merusak cat bodi kendaraan.
4. Gunakan sikat untuk ban
Agar ban dapat bersih sempurna, gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.
5. Bilas sampai bersih dengan air
Setelah di shampo maka langkah selanjutnya yaitu membilasnya dengan air bersih, bilasnya dari bagian atas terlebih dahulu baru kemudian bagian bawah. Jangan terbalik, kalau terbalik sama saja sia-sia. Bilas sampai bersih jangan sampai meninggalkan jejak sabun di cat. Kalau masih ada sabunya berarti membilasnya masih belum bersih.
6. Keringkan dengan lap
Setelah selesai membilas dengan air kemudian keringkan dengan lap pada setiapp bagian bodi mobil, gunakan lap yang teksturnya lembut agar tidak merusak cat. Ditambah lagi lapnya harus yang mempu menyerap air agar mobil benar-benar kering.
Jangan lupakan yang satu ini yaitu semir ban. Ini dilakukan agar ban lebih terlihat kinclong dan hitam sehingga ban seperti masih baru.
8. Bersihkan karpet dan jemur
Kalau bodi sudah bersih maka bagian dalam juga harus bersih, maka dari itu lepas dan bersihkan kapet lantai mobil. Kemudian cuci dengan sabun dan keringkan dengan air gun bila ada, atau jemur dibawah sinar matahari agar cepat kering.

Tinggalkan Balasan