5 Cara Mudah Merawat Ban Mobil

5-Cara-Mudah-Merawat-Ban-MobilApalah arti mobil tanpa ban? Komponen yang satu ini memang jadi penentu apakah sebuah kendaraan dapat melaju atau tidak. Terbuat dari bahan karet, ban adalah kunci perjalanan yang aman, nyaman, dan melegakan. Maka dari itu, pemilihan ban harus benar-benar diperhatikan begitu juga perawatannya. Akan sangat berbahaya apabila seseorang berkendara menggunakan ban yang tak layak di jalanan licin atau baru saja terkena hujan.

Jadi, rawat ban mobil anda dengan baik agar keselamatan keluarga selalu terjaga dengan tips berikut ini.

Jangan Paksa Ban

Sangat penting untuk menyesuaikan gaya mengemudi dengan jenis ban. Kalau memiliki ban dengan ukuran dan tapak standar, jangan paksakan untuk bermanuver melebihi kapasitas. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa membawa pengaruh buruk karet dan masa ban. Apabila medan atau jalan memang terlalu sulit, jangan paksakan kendaraan untuk melewatinya. Akan lebih baik kalau anda memilih jalur lain yang lebih nyaman untuk dilewati.

Perhatikan Tekanan Angin

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin di dalam ban. Lakukan pemeriksaan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Pastikan tekanan angin ban mobil sudah sesuai dengan yang direkomendasikan. Jangan sampai kurang atau lebih. Hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada tapak ban. Selain itu juga dapat menyebabkan permukaan tidak merata sehingga berpengaruh pada daya kendali dan pengereman mobil.

Merotasi Ban

Hal lain yang terkadang sering dilupakan adalah merotasi ban mobil. Lakukan pergantian posisi ban guna memperpanjang umur pemakaian ban. Rotasi ban sebaiknya dilakukan tiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

Balancing

Ban juga perlu diseimbangkan agar mobil lebih nyaman saat dikendarai. Jangan lupa untuk melakukan balancing tiap kali penggantian atau rotasi ban. Selain itu, meningkatkan kenyamanan mengemudi juga bisa dilakukan dengan spooring dalam jangka waktu tertentu.

Ganti Ban Baru

Jangan gadaikan keselamatan berkendara dengan memakai ban yang telah aus dan tipis. Setiap ban memilliki Tread Wear Indicator (TWI), yaitu penanda segitiga pada samping ban sebagai acuan penggantian ban. Bila telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, saatnya untuk membeli ban baru.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ban supaya keindahan mobil tetap terjaga. Jangan sampai bodi mobil terlihat kinclong, sementara ban dikotori oleh lumpur. Dengan tips merawat kondisi ban, niscaya berkendara bersama keluarga dengan mobil impian jadi lebih menyenangkan.

Tinggalkan Balasan