Analisa Usaha Bisnis Cuci Mobil / Motor Hidrolik

Bedasarkan data yang masuk dari Anda maka kami berusaha menyajikan asumsi logis usaha cuci mobil dan motor hidrolik,

asumsi-logis-usaha-cuci-mobil-motor

Seiring bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia maka bisnis cuci kendaraan pun semakin marak dan diminati. kita dapat menilik data BPS. jumlah mobil di indonesia mencapai 9,8 juta dan motor mencapai 47,6 juta di Tahun 2008,  Jika boleh berandai-andai ; rata-rata 1 unit kendaraan dicuci 1 minggu  sekali, maka ada 1.4 juta mobil dan 6,8 juta motor yang harus dicuci per harinya.

Bayangkan jika semua kendaraan tersebut di cuci di tempat pencucian maka setiap hari ada ( 1.4 juta mobil X rata2 ; Rp 15.000,-/oks cuci)  = 21 milyar/hari uang masuk ke bengkel cuci mobil. Dan ( 6.8 juta motor X rata2 ; Rp 6.000,-/oks cuci) = 40 milyar / hari uang masuk ke bengkel cuci motor. Maka tidak heran jika usaha ini begitu diminati dan berkembang seiring bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia.

Namun perlu disadari bahwa dalam membuka usaha pencucian mobil / motor harus mempertimbangkan beberapa aspek, agar target market dan usaha dapat diraih sesuai harapan. beberapa aspek yang paling penting adalah : LOKASI, KOMPETITOR, PELAYANAN

Jangan membuka lokasi pencucian di Lokasi yang jauh dari penduduk. alasanya tentu Anda bisa tebak dengan mudah….   Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Pertimbangkan faktor Kompetitor, hal ini terkait dengan perhitungan market di wilayah usaha pencucian yang Anda akan buka..   Jangan berspekulasi untuk membuka tempat pencucian di lokasi yang sudah banyak terdapat usaha pencucian,  terkecuali jika Anda yakin market/konsumen di daerah tersebut sangat-sangat banyak.

Mencuci kendaraan adalah MENUNGGU dan MENUNGGU dan MEMUASKAN??..  jangan biarkan orang terlalu lama menunggu, jenuh, tidak nyaman berada di tempat pencucian Anda.  dan jangan biarkan sekalipun konsumen merasa tidak puas dengan hasil pencucian di bengkel / tempat usaha Anda,,  karena lambat laun, tanpa sadar usaha jasa pencucian kita menjadi ditinggalkan pelanggan. sehingga akhirnya pikiran kita menjadi buruk, terpuruk dan mencari ‘orang pintar’ untuk membuat usaha pencucian kita ramai kembali..  Alangkah naif dan Bodohnya..!!

Berikut sedikit estimasi usaha cuci kendaraan yaang menggunakan hidrolik. Perlu diperhatikan estimasi ini bisa lebih dahsyat dengan cara mempertimbangkan aspek-aspek diatas.. intinya adalah usaha cuci kendaraan adalah usaha yang patut diperhitungkan provit dan prospeknya…..

Pilihlah penyedia peralatan yang Anda yakin kondite, kualitas mutu produk dan after salesnya…

ditulis oleh : Defi Rahadi (sept 2010)

analisa-usaha-cucian-motor-hidrolik

analisa-usaha-cucian-mobil-hidrolik